WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Minggu, 29 April 2012

PENYEBAB PENYAKIT; KENALI EMPAT SUMBER!

 Penyebab Penyakit: Kenali Empat Sumber Penyebab penyakit memang bermacam-macam jenisnya. Kesehatan memang sesuatu yang tak ternilai harganya dan semua orang pasti ingin selalu dalam keadaan sehat. Namun suatu waktu, Anda pastilah pernah mengalami sakit baik ringan maupun berat. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang sakit, salah satunya disebabkan oleh berbagai jenis mikroorganisme yang terdapat di alam yang memasuki tubuh Anda bersamaan dengan kekebalan tubuh Anda yang sedang menurun. Mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

  Virus

 Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang dapat menginfeksi sel organisme biologis. Disebut parasit karena virus tidak memiliki kemampuan untuk bereproduksi sendiri sehingga menginvasi dan memanfaatkan sel-sel makhluk hidup untuk melakukan reproduksi.
 Sejauh ini tidak ada makhluk hidup yang mampu bertahan terhadap virus, termasuk juga manusia. Saat menyerang tubuh manusia, virus akan menyusup ke beberapa sel tubuh untuk kemudian menguasainya serta memaksa sel yang diinvasinya untuk memproduksi bagian-bagian yang dibutuhkannya untuk melakukan reproduksi, sampai nanti akhirnya sel-sel tersebut dibasmi oleh virus tersebut. Penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh virus antara lain influenza, HIV/AIDS, campak, herpes, rabies, ebola, polio, serta banyak penyakit lainnya.

 Bakteri

Sering juga disebut dengan kuman, bakteri merupakan salah satu mikroorganisme yang selalu dianggap sebagai biang penyakit. Walaupun kecil, bakteri dapat menduplikasikan atau memperbanyak dirinya sendiri dalam waktu kurang lebih 20 detik. Bakteri dapat mengakibatkan penyakit atau gangguan kesehatan ringan maupun berat pada tubuh organisme induknya seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Saat memasuki tubuh manusia, bakteri akan terus bertambah dan berpotensi untuk memproduksi zat kimia kuat yang dapat menghancurkan sel-sel tertentu dalam jaringan tubuh sehingga membuat Anda jatuh sakit.

 Untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar tubuh, Anda dapat mandi dengan menggunakan sabun antiseptik, menggosok gigi dengan pasta gigi, mencuci pakaian dengan deterjen yang dapat membunuh bakteri serta beberapa aktivitas lain yang dapat menghindarkan Anda dari berbagai bakteri yang merugikan. Meski begitu, tidak semua bakteri bersifat merugikan karena terdapat juga beberapa jenis bakteri menguntungkan yang tinggal di dalam tubuh kita.

 Cacing

 Cacing juga merupakan salah satu parasit yang dapat menyebabkan salah satu penyakit pada manusia, yaitu cacingan. Cacingan seringkali dianggap sebagai penyakit ringan, padahal penyakit ini merupakan salah satu masalah kesehatan yang memerlukan penanganan serius, terutama di daerah tropis seperti negara kita. Saat cacing memasuki tubuh manusia, maka ia akan tinggal di saluran usus, hati, kulit, paru-paru bahkan otak.

Cacing juga disebut parasit karena hidup dari nutrisi dan sari makanan penting yang ada dalam tubuh manusia seperti karbohidrat, protein dan zat besi sehingga dapat mengakibatkan anemia. Penyakit akibat cacing juga dapat menyebabkan penurunan imunitas tubuh terhadap penyakit serta menghambat pertumbuhan anak Anda. Gejala awal yang ditunjukkan oleh penderita cacingan antara lain badan kurus, kekurangan cairan tubuh, perut kembung, perut membesar dan keras serta anemia.

 Jamur

Salah satu mikroorganisme lain yang dapat menjadi penyebab penyakit pada manusia adalah jamur. Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh jamur atau yang disebut dengan mikosis terdiri dari 2 jenis, yaitu mikosis superficial yang menyerang kulit, kuku dan rambut serta mikosis sistemik yang menyerang organ dalam seperti seperti paru-paru, usus, ginjal, vagina, mukosa mulut dan jantung.

 Sebetulnya kebanyakan jamur tidak menular, namun ada satu jenis jamur menular yang sering menjadi musuh bagi manusia yaitu jamur candida. Selain dapat menyebabkan keputihan, jamur candida yang dapat menyebabkan sariawan ini juga sering tumbuh di lipatan payudara, kulit selangkangan, saluran pencernaan, paru-paru serta bagian-bagian tubuh lainnya.


 Untuk itu, agar Anda terhindar dari berbagai penyebab penyakit sebaiknya bersihkan dahulu tangan Anda sebelum makan dan menjaga kebersihan lingkungan. Setidaknya, hal tersebut bisa menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit yang sering timbul saat ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar