WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 24 Maret 2012

7 LANGKAH BERUBAH HADAPI DEPRESI

  Pernahkan kita mengalami kehilangan sesuatu yang paling dicintai? Sebab kehilangan sesuatu yang dicintai, dan menghadapi tekanan masalah yang berat dalam kehidupan, bisa menjadi faktor pencetus terjadinya depresi. Keadaan ini akan semakin bertambah, seiring perkembangan zaman globalisasi dengan beragam masalah yang semakin kompleks.

 Menurut ahli jiwa, depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang. Sampai saat ini depresi dapat disembuhkan dengan berkonsultasi ke dokter atau ahli terapi. Ada juga beberapa langkah efektif untuk bisa berubah dalam menghadapi depresi, yang dapat dilakukan guna mendukung program penyembuhan, yaitu :

 1.  Berdoa. Kekuatan doa yg tulus dpt membangkitkan kembali semangat hidup untuk mengabdi penuh  ikhlas dalam setiap langkah perjalanan kehidupan.

 2.  Berpikir kreatif. Menanamkan kebiasaan memikirkan sesuatu yang kreatif dan psoitif, dari setiap masalah yang dihadapi, boleh dipikirkan tetapi jangan dijadikan beban pikiran.

 3.  Berolahraga. Sempatkan melakukan gerak badan selama 15-30 menit sehari, seperti: jalan santai, sepeda santai, lari pagi dan olahraga lainnya yang digemari (menjadi hoby pribadi).

 4.  Konsumsi Nutrisi Bergizi. Menikmati hidangan nutrisi makanan yang bergizi dapat membuat perasaan menjadi lebih mood, lebih berkonsentrasi dan penuh berenergi.

 5.  Curhat Dengan Orang Dekat. Berbicara berbagai masalah yang dihadapi dengan teman, kerabat, atau sahabat dekat, untuk membebaskan perasaan dan menerima beberapa perbedaan pemahaman.

 6.  Ubah Sudut Pandang. Merubah cara pandang terhadap suatu permasalahan, dengan jalan melihat sisi baiknya dari suatu persoalan hidup yang tengah dihadapi.

 7.  Ekspresikan Aksi Diri. Menuangkan segala imajinasi diri melalui menulis, melukis, menggambar, menari, rekreasi dan kegiatan lainnya yang dapat memberikan stimulus emosi yang kreatif dan positif.

 Bagi siapapun yang merasa tertekan atau mempunyai tanda-tanda depresi, ada baiknya melakukan langkah-langkah perubahan diri untuk menghadapinya. Tidak ada orang yang bisa terbebas murni dari tekanan hidup didunia ini. Setiap orang pasti mempunyai berbagai masalah yang menimbulkan perasaan tertekan. Dengan kekuatan semangat, kebersamaan, kepedulian dan ketulusan doa, semua itu dapat memberikan nilai positif dalam mengatasi masalah depresi yang sedang dialami.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar