WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 24 Maret 2012

7 Tips Pemilihan Suplemen Mineral Kalsium Untuk Tubuh Kita


  Tips Pemilihan Suplemen Mineral Kalsium Untuk Tubuh Kita...

   Pada usia pertumbuhan khususnya bagi anak-anak dan ibu hamil, maka kebutuhan akan zat mineral terutama kalsium akan semakin meningkat. Kebutuhan mineral ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi  makanan kaya kalsium seperti susu, keju, telur, ikan, daging ayam, sapid dan kacang kedelai.

 Seperti diketahui bersama, bahwa kalsium sangat bermanfaat untuk memperkuat pertumbuhan tulang dan geligi maupun menjadi mediator kimiawi penting dalam proses reaksi kimia darah.

 Bila asupannya kurang berarti akan ada gangguan pertumbuhan dan kecendrungan mudah mengalami kelainan perdarahan. Kekurangan asupan mineral yang tidak didapatkan dari makanan atau minuman bergizi, dapat diatasi dengan mengkonsumsi suplemen kalsium. Untuk memilih tambahan mineral ini perlu memperhatikan beberapa tips sederhana, seperti berikut ini

 1.Perhatikan jenis senyawa garam suplemen kalsium (karbonat, sitrat, glukonat, laktat, fosfat). Biasanya komposisi yang tertulis pada label adalah senyawa garamnya bukan elemental kalsiumnya.

2.Pilihlah sumber garam kalsium yang berasal dari bahan natural atau alami. Kalsium karbonat lebih baik diberikan bersama makanan agar mudah dicerna dan diabsorpsi.

3. Pertimbangan memilah jenis sediaan yang ada, umumnya bentuk suplemen berupa sirup atau suspensi mudah diserap oleh saluran pencernaan.

4.Pemberian suplemen kalsium lebih baik dalam dosis kecil, tidak melebihi kadar 500 mg sekali minum.

5.Konsumsi suplemen kalsium tidak boleh bersamaan dengan pemberian obat antimuntah, antikonvulsan, dan antialergi  karena akan menurunkan penyerapan kalsium.

6.Hati-hati juga pemberian suplemen kalsium bersamaan dengan antibiotika tetrasiklin atau quinolone  karena akan menurunkan absorpsi (penyerapan) dosis antibiotika.

7.Hindari pemberian suplemen bersamaan dengan makanan berserat (mengandung selulosa, asam uronat), natrium alginat dan oksalat  karena mengurangi penyerapannya.

Pada dasarnya pemilihan suplemen disesuaikan dengan kondisi seseorang, termasuk riwayat penyakit yang dialaminya. Demikianlah sekilas gambaran pentingnya memilih dan memilah suplemen kalsium secara berhati-hati, lebih baik konsultasi dengan para ahli kesehatan dan gizi.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar