WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 30 Januari 2014

Perbedaan Gondok dan Gondongan

Jika di lihat dari namanya memang hampir serupa dan bentuknya juga terlihat mirip, yaitu kelenjar yang membesar. Namun, kenyataan dari penyakit gondok dengan gondongan berbeda. Mau tahu perbedaannya??

penyakit gondok dan penyakit gondongan sebenarnya sangat berbeda, walaupun namanya sepertinya sama. Pertama, penyakit gondok itu penyebabnya adalah hormon tiroid yang terganggu dan akibatnya membuat leher kita menjadi bengkak. Sedangkan kalau penyakit gondongan itu karena virus dan akibatnya membuat kelenjar air ludah kita menjadi nyeri serta bengkak.

Kedua, penyakit gondok ini sebenarnya artinya adalah pembesaran pada kelenjar tiroid yang cuma benjolan atau bengkak. Penyebab hal ini bisa banyak, bisa karena gangguan autoimun atau bisa juga karena kekurangan zat iodium yang ada pada garam. Lain halnya dengan penyakit gondongan yang disebabkan oleh virus. Gejala awalnya bisa demam, nyeri otot dan pusing. Karena penyebabnya dari virus, maka bisa aja menular dan diderita semua golongan.

Untuk mengantipasinya, kita bisa melakukan beragam cara. Yang terpenting adalah membuat system kekebalan tubuh kita atau daya imun kita menjadi lebih kuat. Sehingga tubuh kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar