WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 30 Januari 2014

Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Wanita


Tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang, terutama wanita. Mempunyai tubuh sehat dan fit akan menambah kecantikan jasmani dan kesegaran pada tiap wanita.

Jika berurusan dengan kesehatan memang perlu diprioritaskan, terutama pada wanita yang mempunyai ancaman kesehatan lebih kompleks.

Sebaiknya kita harus lebih mengenal gangguan-gangguan kesehatan yang sering dialami oleh wanita, diantaranya adalah:

1. Gangguan Reproduksi
Pada saat usia reproduktif, perempuan rentan mengalami masalah produktif seperti gangguan haid. Gangguan haid adalah hal yang paling sering dialami oleh kaum wanita. Gejala yang paling dialami adalah rasa sakit di perut bagian bawah, bahkan bisa meluas ke pinggul bahkan paha. Rasa nyeri itu disebut dengan dismenorhea primer, disebabkan tingginya kadar prostaglandin.

2. Gangguan Kehamilan
Gangguan kehamilan bisa terjadi kapan saja, gejalanya pun beragam. Ada yang mengalami mual-mual (biasa disebut ngidam), hipertensi, infeksi, kehamilan terganggu bahkan pendarahan. Hal tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan penanganan yang intensif dan pemeriksaan kehamilan yang rutin.

3. Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan masalah serius yang menghantui setiap wanita. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menderita kanker payudara meningkat. Sebagian besar penyebab kanker payudara adalah gaya hidup.

4. Kanker Leher Rahim
Kanker Leher Rahim merupakan kanker terbanyak kedua setelah kanker payudara. Semakin dini sel-sel abnormal terdeteksi, semakin rendahlah resiko seseorang menderita kanker leher rahim.

Sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang dapat memicu tumbuhnya kanker leher rahim, seperti:

- Melakukan hubungan seks secara teratur, jika Anda wanita dewasa. Lakukan pap smear tiap dua tahun sampai usia 70 tahun

- Hindari merokok, karna kandungan nikotin dalam rokok dapat merangsang timbulnya sel-sel kanker

- Hindari pemakaian antiseptic yang berlebihan, karena akan mengakibatkan iritasi serviks yang merangsang tumbuhnya kanker.

5. Anemia
Berdasarkan data World Health Organization (WHO), terdapat lebih dari dua miliar orang yang mengalami anemia, wanita reproduktiflah yang cenderung paling rentan. Dikarnakan setiap bulan wanita mengalami siklus menstruasi. Pada kehamilan maupun melahirkan dapat mengalami anemia. Selain itu karna kebiasaan minum teh atau kopi, karna teh dan kopi mengandung zat yang dapat menghambat zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Gejala anemia adalah kulit pucat, rasa lelah, napas pendek, kuku mudah pecah, dan sakit kepala sebelah depan.

6. Depresi
Penyakit ini mempengaruhi sekitar 50% lebih wanita daripada pria. Seiring semakin matangnya usia, makin banyak pula maalah yang mungkin terjadi. Pada sebagian perempuan, mekanisme pertahanan yang tidak cukup baik akan menyebabkan munculnya gejala – gejala depresi disbanding kaum lelaki. Salah satu contoh gangguan depresi yang terjadi pada 13% perempuan adalah depresi setelah kelahiran (postpartum depressive disorder) atau yang dikenal dengan baby blues.

7. Masalah Berat Badan
Sebagian besar wanita mengidamkan mempunyai penampilan yang sempurna termasuk dalam hal bentuk tubuh. Namun terkadang kebiasaan pola makan yang tidak teratur, jarang olahraga dan kurang istirahat menyebabkan munculnya masalah berat badan.

1 komentar:

  1. Makasih atas infonya min..
    Menambah wawasan tentang kesehatan.. Bermanfaat sekali ya..

    BalasHapus