WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 15 Maret 2014

7 Manfaat Daun Bawang

Seperti kata pepatah, "sebatang daun bawang, sepuluh menit". Mari kita simak apa saja khasiat ajaib dari daun bawang! Mana yang lebih bergizi antara daun bawang dengan batang bawang ?

Menguatkan dan Menyehatkan 'Yin & Yang'

Berbagai macam vitamin dalam daun bawang dapat memastikan pengeluaran normal hormon pada tubuh manusia, juga secara efektif merangsang libido, sehingga "menguatkan yin dan yang". Jadi, bagi kaum laki-laki, dengan mengonsumsi bawang bakung 3 kali seminggu berkhasiat menguatkan yang menyehatkan yin. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan.

Sebagai Penawar Racun

Aroma bawang tajam dan pedas, bersifat hangat, memiliki khasiat menawar racun. Terutama berkhasiat menghalau hawa dingin, flu, sakit perut, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, air susu tidak lancar dan sebagainya. Daun bawang mengandung minyak esensial, unsur utama dari minyak tersebut adalah allicin, juga mengandung dialil sulfide dan kalsium oksalat. Selain itu juga mengandung lemak, karbohidrat, karoten, vitamin B, C, niasin, kalsium, magnesium, besi dan unsur lainnya.

Mencegah Penyakit Kanker

Pektin yang terkandung dalam dau bawang, bisa secara signifikan mengurangi terjadinya penyakit kanker usus besar, memiliki efek antikanker. Allicin dalam bawang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ; bawang juga mengandung selenium, dapat mengurangi kadar nitrit asam lambung dalam getak lambung, memiliki khasiat tertentu terhadap pencegahan kanker lambung dan berbagai jenis kanker lainnya.

Mengeluarkan Keringat dan Bakteriostatik

Daun bawang memiliki khasiat merangsang keringat tubuh ; minyak daun bawang dapat merangsang saluran pernapasan, membuat dahak lebih mudah ke luar. Allicin dalam bawang memiliki khasiat melawan kanker dan virus, terutama lebih berkhasiat dalam menghambat jamur kulit dan basil disentri.

Memperbesar Rongga Pembuluh Darah

Bawang kaya akan vitamin C, berkhasiat merelaksasi pembuluh darah kecil, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah kepala pusing akibat naiknya tekanan darah, mempertahankan keaktifan otak dan mencegah demensia usia lanjut. Miinyak esensial dan capsaicin yang terkandung dalam bawang dapat menyingkirkan amis dan bau tak sedap lainnya, menghasilkan aroma unik, dapat meningkatkan sirkulasi darah jika dikonsumsi dengan campuran jamur.

Menurunkan Kolesterol

Bawang dapat mengurangi timbunan kolesterol jahat, mereka yang sering makan bawang, dapat menguatkan fisik. Daun bawang lebih banyak mengandung vitamin A, C dan kalsium dibanding batang bawang.

Dimakan Mentah Mengurangi Kepenatan

Bawang mentah sama seperti bawang bombai, mengandung alil sulfida, zat ini dapat merangsang sekresi asam lambung, membantu meningkatkan nafsu makan. Jika diserap bersama dengan makanan yang lebih banyak mengandung vitamin B1 dapat mempercepat pati makanan menjadi kalori dan bisa mengurangi kepenatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar