WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 15 Maret 2014

Minum Air Sambil Makan, Baik atau Buruk?

Berikut ini merupakan fakta-fakta yang telah ditemukan tentang air dalam tubuh kita:

-Sekitar 70 % dari tubuh Anda adalah air (tergantung usianya).
-Hampir setengah volume otak adalah air.
- Rasa lapar sering kali merupakan sinyal yang salah untuk haus.
-Bertambahnya usia sama dengan penurunan kadar air (ini berarti minum lebih banyak air benar-benar dapat memperlambat proses penuaan).

Tapi apakah kita sudah cukup minum? Berapa banyak yang cukup? Apakah kualitasnya perlu diperhatikan? Dan kapan kita harus meminumnya?

Air adalah salah satu faktor paling signifikan yang mempengaruhi kesehatan. Ini salah satu topik terbaik yang saya temukan untuk berpikir solusi kesehatan secara bertahap. Jika berpikir tentang keamanan air minum, air yang biasanya saya gunakan untuk mengisi bak mandi, air minum botol yang saya bawa ketika berolahraga, dan berapa banyak air yang saya minum sepanjang hari pada saat yang sama, bagi saya itu menakutkan. Jadi saya telah berhubungan dekat dengan air di sepanjang waktu, masalahnya bagaimana, mengapa, dan apakah saya siap. Hari ini, saya siap untuk mempertimbangkan saatnya.

Kapan kita harus minum dan bagaimana waktu yang mempengaruhi pencernaan kita?
Akhir pekan lalu, saya mengajar topik yang difokuskan membersihkan lever. Di musim dingin, Anda secara alami mengkonsumsi makanan berat dan cenderung tidak banyak gerak. Racun menumpuk dalam sel lemak. Hal ini menyulitkan lever Anda dalam melakukan tugasnya. Lever harus bekerja ekstra keras untuk memproses racun yang berlebihan selama itu.

Pada akhir pengajaran, salah seorang siswa bertanya tentang minum air saat makan. Membuat saya berpikir, ilmu apakah di balik minum dan makan? Baikkah air minum dengan makanan, ataukah buruk bagi pencernaan saya? Sejujurnya, secara alami saya tidak memiliki keinginan untuk minum ketika makan, sehingga sering lupa untuk memberikan air minum saat makan bersama keluarga. Saya hanya mengingatkan jika membutuhkan air, mereka harus sebentar-sebentar bangkit dari meja makan dan mengambilnya sendiri di dapur.

Saya selalu beranggapan bahwa ketidaksukaan saya terhadap minum saat makan, datang dari sebuah pandangan bahwa keduanya setara. Dan sementara ini, mungkin dibenarkan bagi sistem pencernaan saya. Ada kepercayaan bahwa minum air saat makan akan mengencerkan asam lambung. Pengenceran ini, akan menghambat kemampuan kita untuk menghancurkan makanan, khususnya protein. Ternyata, air tidak akan secara signifikan mempengaruhi cairan pencernaan dan karenanya tidak akan mengganggu pencernaan.

Bahkan, sebaliknya mungkin benar. Air yang diminum sebelum makanan merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik, kontraksi otomatis dan relaksasi otot yang menggerakan makanan melalui saluran pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, minum air meningkatkan metabolisme hingga satu jam setelah dikonsumsi.

Pertimbangkan hal ini: minum air akan membantu keseimbangan berat badan! Sinyal tubuh Anda untuk kenyang didasarkan pada banyak faktor. Salah satu faktor anatomi yang paling sederhana adalah perluasan perut. Yang dapat dicapai baik dengan makanan maupun air.

Anda mungkin akan terkejut betapa banyak kondisi kesehatan buruk lainnya hampir dapat dihilangkan dengan pengenalan lebih banyak air dalam makanan. Di antaranya termasuk mulas, arthritis, sakit kronis (punggung dan sebaliknya), masalah iritasi usus, tekanan darah tinggi dan banyak lagi. Ini mengejutkan, tapi akhirnya masuk akal juga! Lihatlah pentingnya air dalam tubuh Anda:
  • Air membasahi jaringan seluruh tubuh.
  • Air membantu mengatur suhu tubuh.
  • Air membantu melindungi organ tubuh kita.
  • Air mencegah sembelit.
  • Air mengurangi beban ginjal dan hati, membersihkan racun keluar dari tubuh.
  • Air melumasi sendi Anda.
  • Air melarutkan mineral dan nutrisi lainnya, membuat mereka lebih mudah diakses oleh sel.
  • Air membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel.
Air, air, air! Saya harap Anda akan bergabung dengan saya untuk segelas air, dengan bersulang: Untuk kesehatan!
Minum lebih banyak air!
  • Sedikitnya tersisa 8 - 16 ons air setelah bangun tidur di pagi hari. Tubuh Anda tanpa air selama berjam-jam!
  • Selalu membawa gelas atau botol air, sehingga Anda dapat minum sepanjang hari.
  • Penuhi tempat air minum di meja Anda sepanjang hari. Ini bertujuan agar Anda meminum seluruhnya sebelum menyelesaikan pekerjaan pada hari itu.
  • Jika Anda baru untuk kebiasaan ini, buatlah agar lebih menarik dengan menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis, mentimun atau goji berry
  • Berkomitmenlah dalam jangka waktu pendek di mana Anda menghitung berapa banyak air yang Anda konsumsi. Tidak butuh waktu lama untuk melatihnya menjadi kebiasaan.
  • Minumlah air sekitar 30 menit sebelum makan, dan sesekali minum air di sela-sela makan.
  • Ketahuilah bahwa keinginan akan gula sering kali merupakan tanda dehidrasi. Minumlah segelas air yang banyak sebelum menyerah pada keinginan itu, dan cobalah lihat apa yang terjadi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar