WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Selasa, 11 Maret 2014

Mengatasi Insomnia (Gangguan Sulit Tidur)

Anda mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak dimalam hari? Insomnia atau kesulitan tidur memang sangat menyiksa. Harapan saya setelah membaca tulisan ini semoga anda akan dapat meraih kualitas tidur terbaik yang selama ini tidak pernah bisa anda rasakan. Lalu informasi apa yang akan saya berikan sehingga dapat memberikan solusi menyelesaikan masalah gangguan tidur yang selama ini cukup membuat stress banyak orang dan mengganggu pekerjaan anda sehari-hari?

Sebenarnya ternyata sangat mudah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, asalkan ada kemauan dan niat yang kuat dari anda untuk terbebas dari insomnia. Yaa.. Olahraga atau latihan fisik secara rutin selain menyehatkan jantung dan tubuh ternyata juga dapat memperbaiki kualitas tidur kita yang buruk selama ini. Untuk mendapatkan manfaat olahraga atau latihan fisik sebagai terapi gangguan insomnia memang tidak bisa instant, akan tetapi setidaknya olahraga harus dilakukan rutin 2 atau 3 bulan hingga akhirnya kualitas tidur anda akan mulai membaik.

Bagaimana olahraga dapat membantu seseorang mendapatkan tidur nyenyak? Saat latihan fisik sebenarnya metabolisme tubuh kita meningkat karena terjadi pembakaran kalori tubuh. Proses pembakaran menyebakan tubuh mengalami pemanasan, namun setelah itu ketika berisitirahat tubuh akan mengalami penurunan suhu (pendinginan), dari proses panas menuju kedingin tersebut tubuh akan memproduksi melatonin yang berfungsi untuk membantu kita mendapatkan tidur dengan nyenyak.

Sama halnya dengan Konsep pendinginan diatas, pengobatan insomnia dengan metode relaksasi dengan melakukan mandi uap atau mandi air panasjuga pada intinya memiliki cara kerja yang sama yaitu selain tubuh menjadi rileks, diharapkan setelah tubuh mengalami proses pendinginan kita akan dapat tidur dengan nyenyak. Disarankan pula bagi orang yang mengalami insomnia ada baiknya tidurlahdalam posisi cahaya yang redup/ tidak terlalu terang serta suhu ruangan yang sejuk / tidak panas sehingga proses pendinginan tubuh berlangsung dengan baik agar produksi hormone melatonin sebagai hormone pengatur tidur akan bekerja dengan maksimal dan lebih baik.

Pilihlah olahraga sebagai latihan untuk mengatasi insomnia juga tidak boleh sembarangan. Lakukan latihan dengan rutin setidaknya 3 kali seminggu. Kita semua tahu jika tubuh kurang olahraga atau  terlalu sering olahraga juga akibatnya tidak baik . Lakukan olahraga berupa latihan kardio seperti jalan kaki, berlari, berenang dan bersepeda, karena jenis olahraga ini termasuk latihan kardio terbaik. Jenis olahraga ini memiliki frekuensi dan irama teratur sehingga kerja jantung juga tidak menjadi berat. Dengan latihan kardio rutin semacam  dapat dipastikan dalam 2-3 bulan kedepan anda akan terbebas dari insomnia.

Selain rutin berolahraga supaya terbebas dari insomnia laukan juga hal-hal sederhana berikut sebelum tidur, misalnya: membaca buku, mandi air hangat, minum segelas susu hangat. Bagi anda yang kesulitan tidur dimalam hari ada baiknya tidak mengambil tidur di siang hari supaya malam harinya tidak mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Selain itu posisi tidur juga dapat mempengaruhi kenyamanan tubuh, cobalah untuk tidur miring ke arah kanan, karena posisi tidur ini akan mengurangi penekanan jantung yang ada dibagian dada kiri dan juga menghindarkan kita dari kebiasaan tidur mendengkur yang dapat merugikan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar