WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 27 Februari 2014

ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU NIFAS FISIOLOGI


       BAB 1
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
      Masa nifas (puerpurium) dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung kira kira 6 – 8 minggu. (Sarwono Prawirohardjo)
Puerpurium adalah masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lamanya 6 minggu. (Sarwono Prawirohardjo) : 315).
      Perubahan pada masa nifas antara lain yaitu organ-organ reproduksi kembali kekondisi sebelum hamil. Perubahan fisiologis yang terjadi selama kehamilan dan dikembalikan. Ibu pulih dan ketegangan selama kehamilan dan persalinan dan bersedia  menerima tanggung jawab untuk merawat dan mengasuh bayi nya.
      Masa nifas sangat membutuhkan pengawasan dan penanganan secara ketat dan efektif. Karena pada masa nifas hari pertama dapat terjadi perdarahan yang disebabkan oleh Atonia Uteri atau infeksi-infeksi masa nifas lainnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan maka perlu dilakukan Asuhan Kebidanan pada Ibu Post Partum.
     
1.2        Tujuan
Tujuan Umum
Diharapkan mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
Tujuan Khusus
Setelah melaksanakan praktik klinik kebidanan diharapkan mahasiswa mampu :
1.      Mahasiswa mampu melakukan pengkajian yaitu mengumpulkan data subyektif dan data obyektif pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
2.      Mahasiswa diharapkan mampu menentukan diagnosa dan masalah kebidanan pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
3.      Mahasiswa diharapkan mampu menentukan diagnosa dan masalah potensial pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
4.      Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah kebidanan pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
5.      Mahasiswa mampu mengembangkan rencana asuhan secara menyeluruh pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
6.       Mahasiswa mampu melaksanakan rencana secara efisien dan aman pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.
7.      Mahasiswa mampu mengevaluasi asuhan yang telah diberikan. pada Ny”I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.

1.3         Ruang Lingkup
Dalam membuat laporan ini penulis hanya membahas tentang Asuhan Kebidanan pada Ny. “I” P10001  2 jam Post Partum Fisiologis di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb.

1.4         Metode Penulisan
         Laporan praktek Asuhan Kebidanan ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif dalam study kasus yaitu menggambarkan secara nyata tentang kondisi saat ini dengan perbandingannya antara teori dan kasus.Adapun tehnik dalam metode penelitian guna pengumpulan data diantaranya :
1.4.1  Anamnesa
Dengan tanya jawab langsung antara tenaga kesehatan dengan klien untuk mendapatkan data subyektif.
1.4.2   Observasi TTV dan Pemeriksaan Fisik
Melakukan pemeriksaan langsung dengan pasien meliputi inspeksi, palpasi, auskultasi untuk mendapatkan data obyektif.
1.4.3   Sumber Data
a. Sumber Data Primer              : dari data tanya jawab dengan pasien
b. Sumber Data Sekunder         : diperoleh dari status pasien
1.4.5  Tinjauan Pustaka
Mencari informasi melalui beberapa sumber yang berasal dari literatur yang dijadikan landasan teori dalam memberikan asuhan kebidanan
.
1.5         Pelaksanaan
Praktek lapangan ini dilaksanakan di BPS Hj. HARTINI, Amd.Keb. Widang. pada tanggal 31 Januari – 8 Februari 2011.

1.6         Sistematika Penulisan
Bab I      : Pendahuluan, terdiri dari latar belakang, tujuan  penulisan, ruang lingkup, metode penulisan, pelaksanaan dan sistematika penulisan.
Bab II    : Landasan Teori, terdiri dari Konsep Dasar Nifas Fisiologis dan Konsep Dasar Asuhan Kebidanan menurut Hellen Varney.
Bab III   : Tinjauan Kasus, terdiri dari pengkajian, interpretasi data, identifikasi data potensial, identifikasi kebutuhan segera, intervensi, implementasi dan evaluasi.
Bab IV   : Penutup, terdiri dari kesimpulan dan saran
Daftar Pustaka


BAB 2
LANDASAN TEORI

2.1         Konsep Dasar Nifas
Definisi
     Puerpurium adalah masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lamanya 6 minggu. (Sarwono Prawirohardjo) : 315).
     Puerpurium / masa nifas adalah dimulai setelah partus selesai dan berakhir kira-kira setelah 6 minggu. (Sarwono Prawirohardjo : 237)
     Masa Nifas adalah masa pulih kembali mulai dari persalinan selesai sampai alat kandungan kembali seperti pra hamil, berlangsung 6 – 8 minggu. (Rustam Mochtar, MPH :115)
     Masa Nifas adalah dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti sebelum hamil yang berlangsung kira-kira 6 minggu. (Sarwono Prawirohadjo)
Tujuan Asuhan Masa Nifas
1.     Menjaga kesehatan ibu dan bayinya baik fisik maupun psikologis.
2.     Melaksanakan skrining yang komprehensif, mendekati masalah, mengobati atau merujuk bila terjadi komplikasi pada ibu maupun bayinya.
3.     Memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan kesehatan diri, nutrisi KB, menyusui, pemberian imunisasi pada bayinya dn perawatan bayi sehat.
4.     Pemberian pelayanan KB (Sarwono {rawirohardjo : 122)
          Tahapan Masa Nifas
1.     Immediate Puerpurium, waktunya dimulai segera persalinan sampai 24jam Post Partum.
- Setelah 2jam Post Partum dibimbing untuk miring kanan dan kiri.
- Sampai dengan 4jam ibu boleh duduk.
- Sampai dengan 6jam ibu boleh turun dari tempat tidur.
- Setelah 4jam ibu boleh berjalan dari tempat tidur kekamar mandi.
          2.   Early Puerpurium, dimulai dari 24 jam Post partum sampai denga 7 hari
          3.   Laten Puerpurium, waktunya setelah 1 minggu sampai 6 minggu Post partum.
          Perubahan Fisiologis dan Psikologis Masa Nifas
1.     Organ-organ reproduksi kembali kekondisi sebelum hamil.
2.     Perubahan fisiologis yang terjadi selama kehamilan dan dikembalikan.
3.     Dasar hubungan bayi dan keluarga disiapkan.
4.     Ibu pulih dan ketegangan selama kehamilan dan persalinan dan bersedia  menerima tanggung jawab untuk merawat dan mengasuh.
          Gambaran Klinis Masa Puerpurium
      Segera setelah persalinan dapat terjadi peninngkatan suhu badan, tetapi tidak melebihi 38˚C berturut-turut selama 2 hari kemungkinan terjadi infeksi.
        Uterus yang telah menyelesaikan tugasnya akan menjadi keras karena kontraksinya, sehingga terdapat penutupan pembuluh darah.. Kontraksinya uterus yang mengikutinya his pengirim menimbulkan rasa nyeri yang disebut “Nyeri Ikutan” (after pain) terutama pada multipara, masa puerpurium diikuti pengeluaranh cairan sisa lapisan endometrium dan sisa dari tempat implantasi plasenta disebut lochea. ( Ida Bagus Gede Manuaba : 192 )

Involusi Alat Kandungan
1.     Uterus, secara berangsur-angsur menjadi kecil (involusi) sehingga akhirnya seperti sebelum hamil.
Berat Uterus menurut Masa Involusi          
Involusi
Berat Uterus
Bayi lahir
Uri lahir
1 minggu
2 minggu
6 minggu
8 minggu
1000 gram
750 gram
500 gram
350 gram
50 gram
30 gram



      Tinggi Fundus Masa Involusi
Involusi
Tinggi Fundus
Setelah bayi lahir
Uri lahir
Hari ke- 1 – 3
Hari ke- 3 – 4
Hari ke- 5 – 6
Hari ke- 7 – 8
Hari ke- 9
Hari ke- 10
Setinggi pusat
1 jari dibawah pusat
2 jari dibawah pusat
3 jari dibawah pusat
pertengahan symphisis – pusat
2 – 3 jari diatas symphisis
1 jari diatas symphisis
tidak teraba

2.     Bekas Implantasi Uri, plasenta bed mengecil karena kontraksi dan menonjol kekavum uteri dengan diameter 7,5 cm sesudah 2 minggu menjadi 3,5 cm pada minggu ke-6 2,4 cm dan akhirnya pulih.
3.     Luka (Laserasi), pada jalan lahir bila tidak disertai infeksi akan pulih dalam waktu 6 – 7 hari.
4.     Rasa Sakit, disebabkan karena kontraksi biasanya berlangsung 2 -  4 hari pasca persalinan.
5.     Lochea, hasil pengeluaran jaringan desisua yang terus-menerus menimbulkan secret vagina yang berbeda-beda.
   Lochea dibagi menjadi :
a.       Lochea Rubra : berisi darah segar dan sisa-sisa selaput ketuban, sel-sel desidua, vernix caseosa, lanugo dan mekonium, terdapat selama 3 hari pasca persalinan.
b.      Lochea Sanguinolenta : berwarna merah kekuningan, berisi darah dan lendir, terjadi pada hari ke- 3 – 7 pasca persalinan.
c.       Lochea Serosa : berwarna kuning, cairan tidah berdarah lagi, terjadi pada hari ke- 7 – 14 pasca persalinan.
d.      Lochea Alba : berwarna putih terjadi setelah 2 minggu.
e.       Lochea Purulenta : jika terjadi infeksi cairan seperti nanah dan berbau .
f.       Lochiostatis : lochea yang keluarnya tidak lancar.

6.     Serviks, setelah persalinan bentuk seperti corong, menggangah berwarna kehitaman, konsistensinya lunak, kadng terdapat perlukaan kecil.
7.     Ligament, setelah bayi lahir secara berangsur-angsurmenjadi menciut dan kembali pulih sehingga tak jarang uterus jatuh kebelakang dan menjadi retroflelsi karena ligamentum rotundum menjadi kendor.
Perawatan Masa Nifas
1.     Mobilisasi
Karena lelah habis bersalin, ibu harus istirahat tidur terlentang selama 8 jam pasca persalinan. Kemudian boleh miring kekanan dan kiri untuk mencegah terjadinya tromboplebitis dan hari ke- 4 atau 5 sudah diperbolehkan duduk, hari ke- 3 jalan-jalan tergantung pada komplikasi persalinan, nifas dan sembuhnya.
2.     Nutrisi
Makanan harus bermutu, bergizi dan cukup kalori, sebaiknya makan-makanan yang mengandung protein, banyak cairan, sayur-sayuran dan buah-buahan
3.     Miksi
Hendaknya kencing dapat dilakukan sendiri secepatnya kadang-kadang wanita mengalami kesulitan kencing karena sfingter uretra ditekan oleh kepala janin dan spasme oleh iritasi M. Sfingter Ani selama persalinan bila kandung kencing dan wanita sulit kencing hendaknya dilakukan kateterisasi.
4.     Defekasi
BAB harus dilakukan 3 – 4 hari pasca persalinan, bila masih sulit BAB dan terjadi obstipasi apalagi berak keras dapat diberikan obat laksans peroral atau perrektal, jika masih belum bisa dilakukan klisma.
5.     Perawatan Payudara
Perawatan payudara telah dimulai sejak wanita hamil supaya putting susu lemas, tidak keras dan kering sebagai persiapan untuk menyusui bayinya, pembalut payudara sampai ditekan, pemberian obat esterogen untuk supresi LH seperti tablet peroral.
6.     Laktasi
Untuk menghadapi masa laktasi (menyusui) sejak dari kehamilan telah terjadi perubahan-perubahan pada kelenjar payudara. (Prof. Dr. Rustam Mochtar).
2.2        Konsep Dasar Manajemen Asuhan Kebidanan Menurut Hellen Varney
      Manajemen Kabidanan adalah metode dan pendekatan pemecahan masalah kesehatan ibu dan anak yang khusus dilakukan oleh bidan didalam memberikan asuhan kebidanan pada individu, keluarga dan masyarakat.
      Menurut Hellen Varney proses manajemen ini menggunakan 7 langkah,
yaitu :
I.    Pengkajian
     Adalah pengumpulan data lengkap untuk mengevaluasi pasian yaitu memeriksa dengan memperoleh suluruh data yang dibutuhkan untuk penilaian secara sempurna.
               A.     Data Subyektif
               1.1    Identitas
                        Nama klien dan suami klien
Agar dapat mengenal / memanggil sesuai nama dan tidak keliru dengan yang lain.
Umur
Ikut menentukan prognosa.
Suku / Bangsa
Untuk mempermudah komunikasi.
Agama
Berhubungan dengan perawatan klien.
Pendidikan
Agar motivasi yang diberikan petugas dapat sesuai dengan tingkat pengetahuan.
Pekerjaan
Untuk mengetahui sosial ekonomi dan apakah pekerjaan klien mengganggu kehamilan atau tidak.
Alamat
Untuk memperjelas kelengkapan identitas klien.
                     1.2    Status Perkawinan
Untuk mengetahui kehamilan ini diluar nikah atau tidak dan kehamilan yang diingikan atau tidak.
               1.3    Keluhan Utama
                        Untuk mengetahui apa yang dikeluhkan pasien.
               1.4    Riwayat Menstruasi
Untuk mengetahui kapan terjadi kapan terjadi kehamilan dan persalinan.
               1.5    Riwayat Kehamilan, Persalinaan dan Nifas yang lalu
Untuk mengetahui apakah klien baru hamil atau sudah perbnah hamil dan bagaimana persalinan dan nifas yang lalu.
               1.6    Riwayat Kesehatan Klien
Untuk mengetahui apakah klien pernah menderita penyakit yang gawat.
               1.7    Riwayat Penyakit Keluarga
Untuk mengetahui apakah keluarganya klien ada yang menderita penyakit kronis
               1.8    Pola Kehidupan Sehari-hari
Untuk mengetahui bagaimana pola kesehatan klien sehari-hari sudah sehat / belum.
1.9        Data Psikososial
Apakah ibu mengharapkan atau tidak kelahiran bayi.
B.           Data Obyektif
      Dalam data ini diambil dari pemeriksaan fisik beserta pemeriksaan diagnosa dan pendukung lain juga catatan medik lain.
         Data Obyektif meliputi :
         1.   Pemeriksaan Umum
- Kesadaran                       : apakah composmentis , apatis,          samnolen, delirium, spoor ataukah koma
- Keadaan Umum              : baik ataukah cukup atau buruk
                  - Berat badan                    : mengetahui status gizi dan menghitung dosis obat
                              - TD/Nadi/Suhu                : TD normalnya 120/80 mmHg, suhu normalnya 36,5°C - 37,5°C , nadi normalnya 80-100 x/menit
                       
                        2.   Pemeriksaan Masa Nifas
Pemerikasaan kehamilan ini meliputi : inspeksi, palpasi, auskultasi dan perkusi.
-    Inspeksi : pemeriksaan fisik lengkap dengan melihat perubahan-perubahan fisik selama masa persalinan dari ujung rambut sampai-sampai ujung kaki.
-    Palpasi : pemeriksaan ini meliputi
o   Leher : adakah pembesaran kelenjar tiroid, kelenjar limfe dan vena jugularis.
o   Mamae : bagaimana colostrumnya apakah sudah keluar atau belum.
-    TFU
Involusi
TFU
Berat Uterus
Bayi Lahir
Uri Lahir
1 minggu
2 minggu
6 minggu
8 minggu
Setinggi pusat
2 jari dibawah pusat
pertengahan pusat dan sympisis
tidak teraba diatsa sympisis
bertambah kecil
normal
1000 gram
750 gram
500 gram
350 gram
50 gram
30 gram

-    Konsistensi Uterus : apakah konsistensinya lembek atau keras.
-    Kontraksi Uterus : apakah uterus sudah berkontraksi atau belum.
-    Pengeluaran Pervaginam :
o   Lochea Rubra : berisi darah dan sisa-sisa selaput ketuban dan lain-lain selama 2 hari dalam persalinan.
o   Lochea Sanguinolenta : warna merah kekuningan, cairan berdarah dan lendir dari hari ke- 3 – 7 pasca persalinan.
o   Lochea Serosa : berwarna kuning cairan tidak berdarah dan lendir pada hari ke- 7 – 14 pasca persalinan.
o   Lochea Alba : cairan putih, setelah 2 minggu.
o   Lochea Purulenta : jika terjadi infeksi cairan seperti nanah dan berbau .
o   Lochiostatis : lochea yang keluarnya tidak lancar.

C.          Pemeriksaan Penunjang
1.   Pemeriksaan laboratorium
2.   Hasil konsultasi
3.   Data kehamilan dan persalinan

II.    Interpretasi Data
Yaitu menentukan diagnosa atau masalah. Langkah ini dikembangkan dari interpretasi data kedalam identifikasi diagnosa masalah.        
III. Identifikasi Diagnosa Potensial
Langkah ini berdasarkan diagnosa / masalah yang sudah teridentifikasi yaitu merupakan pencegahan dan penanganan.
IV. Identifikasi Kebutuhan Segera
Yaitu pelayanan yang segera dilakukan demi keselamatan jiwa sang ibu dan anak.
V.    Intervensi
Langkah lanjutan setelah diagnosa kebidanan ditegakkan yang mancakup tujuan, langkah-langkah yang akan dilakukan serta rasional tindakan dalam melakukan intervensi untuk memecahkan masalah klien dan kriteria yang dicapai.
VI. Implementasi
Implementasi merupakan penyelesaian suatu rencana kebidanan yang dilakukan bidan secara mandiri, kolaborasi maupun rujukan, selama itu bidan mengawasi dan memonitor kemajuan klien.
         VII.Evaluasi
Pada langkah ini dilakukan evaluasi keefektifan dari asuhan yang sudah diberikan meliputi pemenuhan kebutuhan apakah sudah benar-benar terpenuhi sesuai dengan kebutuhan yang telah teridentifikasi didalam diagnosa / belum.

BAB 3
TINJAUAN KASUS

I.    PENGKAJIAN
      Tanggal : 1 – 02 – 2011    Jam : 08.45 WIB         Oleh : Riea Endarma
      A.     Data Subyektif
      1.1    Identitas
               Nama klien      : Ny. “I”                         Nama suami       : Tn. “E”
               Umur               : 19 th                             Umur                  : 24 th
               Agama             : Islam                            Agama                : Islam
               Suku / Bangsa : Jawa / indonesia           Suku / bangsa     : Jawa / Indonesia
               Pendidikan                                             : SMP                 Pendidkan          : SMU
               Pekerjaan         : -                                    Pekerjaan            : Swasta
               No. Register    : -                                    Alamat               : Ds. Mlangi

      1.2    Status Pernikahan                                                                                                                Umur pertama kali menikah : 18 th     Lama menikah : 1 th

      1.3    Keluhan Utama
Ibu mengatakan telah melahirkan bayi pertama pada tanggal 01 – 02 - 2011,  jam 06.45 WIB, jenis kelamin laki-laki, BB 3200 gr, PB 49 cm dan mengeluh ada bengkak pada kaki.

      1.4    Riwayat Menstruasi                                                                                    
               Siklus        : ± 28 hari                             Menarche           : 12 th
               Lama         : 6 – 7 hari                            HPHT                 :  06 - 05 - 2010 
               Warna        : merah                                 Dysmenorhea     : tidak ada
               Bau            : anyir
               Fluor Albus     : tidak ada



1.5         Riwayat Kehamilan, Persalinan dan Nifas yang lalu
No
Suami ke-
UK
Jns. pers
Penol.
Penyul
BB / PB
Jns. Kel
Hidup / mati
KB
1.


1
9 bln


Spt B


Bidan


-
3200 gram / 49 cm
Hidup 2 jam
-


1.6         Riwayat Kesehatan / Penyakit Klien
Ibu mengatakan tidak pernah  menderita penyakit kronis, menular, dan menahun seperti : DM , hipertensi , asma , jantung dll

1.7         Riwayat Penyakit Keluarga
Ibu mengatakan dalam keluarganya tidak ada yang menderita penyakit kronis, menular, menahun, dan menurun, seperti : DM , hipertensi, asma , jantung dll

1.8         Pola Kehidupan Sehari-Hari Masa Nifas
ü  Pola Nutrisi
Ibu mengatakan makan 3-4 x/hr dengan menu seimbang, nasi lauk pauk sayur dan buah-buahan serta ibu juga memperbanyak minum air putih.
ü  Pola Eliminasi
Ibu mengatakan belum BAK dan BAB.
ü  Pola Istirahat
Ibu mengatakan bisa tidur dengan nyenyak setelah melahirkan anaknya
ü  Personal Hygiene
Ibu mengatakan belum mandi hanya sibin saja dan mengganti pembalut apabila basah atau penuh.
ü  Perilaku Kesehatan
Ibu mengatakan selama hamil tidak pernah merokok, minum-minuman
keras, minum jamu-jamuan dan minum obat tanpa resep dokter.



1.9         Data Psikososial
ü  Respon Ibu dan Keluarga terhadap Kelahiran Bayi
Ibu mengatakan sangat gembira dan bersyukur karena anak pertamanya lahir dengan selamat.
ü  Rencana Menyusukan Bayi
Ibu mengatakan berencana menyusui bayinya sendiri sampai bayi berumur 2 tahun.
ü  Tingkat Pengetahuan Ibu
Ibu mengatakan baru mengetahui sedikit cara merawat bayi sehari-hari
ü  Rencana Mengasuh Bayi
Ibu mengatakan akan merawat bayinya sendiri dirumah bersama suami dan keluarganya.
ü  Rencana KB
Ibu mengatakan akan menggunakan alat kontrasepsi suntuik 3 bulan
ü  Kebiasaan Masyarakat
- Ibu mengatakan bahwa kebiasaan masyarakat yang menguntungkan yaitu budaya hajatan untuk kelahiran bayi dan kebiasaan yang merugikan yaitu budaya tarak dan melotek bayi.

B.           Data Obyektif
2.1        Pemeriksaan Umum
Kesadaran                : Composmentis
KU                                       : Baik
BB / TB                    : 56 kg / 157 cm
TD/ N/ S/ RR           : 110/70 mmHg, 80 x/ menit, 36,5 ˚C, 24 x/ menit

2.2        Pemeriksaan Fisik
Kepala                      : rambut hitam, bersih, kuat, tidak ada ketombe
Muka                        : tidak ada odema
Mata                        : tidak ada tanda-tanda ikterus, tidak anemis
Mulut dan gigi         : bersih, tidak stomatitis, tidak caries
Leher            : tidak ada pembesaran vena jugularis, kelenjar tiroid dan kelenjar limfe.
Payudara
      - Bentuk             : simetris
      - Areola              : hyperpigmentasi
      - Puting susu      : menonjol
      - Keluaran          : colostrums +
Abdomen
      - Luka bekas SC             : tidak ada
      - TFU                             : 2 jari dibawah pusat
      - Kontraksi uterus          : baik
      - Konsistensi uterus        : keras
      - Kandung Kemih          : kosong
Pengeluaran Pervaginam
      - Lochea             : rubra
      - Warna              : merah
      - Jumlah              : ± 50 CC
      - Bau                  : anyir
Perineum
      - Bekas jahitan   : ada, derajat 2
      - Kebersihan       : cukup bersih
      - Odema             : tidak ada
      - Warna              : merah muda
Anus                         : tidak ada hemoroid
Ekstremitas atas dan bawah :
      - Odema             : ada
      - Varices             : tidak ada

2.3        Data Penunjang
1.   Pemeriksaan laboratorium                         : -
2.   Hasil konsultasi                                         : -

3.   Data kehamilan dan persalinan sekarang :
      - UK                         : 36 minggu
      - Penyulit                  : tidak ada
      - ANC                      :  7 kali
      - Proses persalinan    : Spontan B.
                  Kala I     : jam  22.10 – 06.10 WIB, 480 menit
                  Kala II    : jam  06.40 – 06.45 WIB, 5 menit
                  Kala III  : jam  06.47 – 06.52 WIB, 5 menit
                  Kala IV  : jam  07.00 – 09.00 WIB, 120 menit
      - Keadaan Bayi
                  A – S               : 7 – 8
                  Jenis kelamin   : ♂ (laki-laki)
                  BB / PB           : 3200 gram / 49 cm
II.  INTERPRETASI DATA
      Dx    : P10001  2 jam Post Partum Fisiologis
      Ds     : Ibu mengatakan telah melahirkan bayi pertamanya pada tanggal 01 – 02 - 2011, jam 06.45 WIB dan ibu mengatakan bahwa kakinya bengkak.
      Do    :
Kesadaran                : Composmentis
KU                                       : Baik
BB / TB                    : 56 kg / 157 cm
TD/ N/ S/ RR           : 110/70 mmHg, 80 x/ menit, 36,5 ˚C, 24 x/ menit
Perut :           - TFU                          : 2 jari dibawah pusat
                     - Kontraksi uterus       : baik
                     - Kandung Kemih       : kosong
               Payudara                  : hiperpigmentasi dan sudah mengeluarkan colostrum
               Luka jahitan             : masih basah
      Masalah : -
      Kebutuhan : -
III. IDENTIFIKASI DIAGNOSA POTENSIAL
                     -
IV. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SEGERA
                     -
V.  INTERVENSI
      Tanggal : 01 – 02 - 2010            Jam : 09.00 WIB
      Dx          : P10001 2 jam Post Partum Fisiologis
   Tujuan    : Setelah diberikan asuhan kebidanan selama 60 menit diharapkan kondisi ibu tetap stabil
      Kriteria   : - Keadaan umum ibu baik
                       - ASI segera keluar dengan lancar
                       - Tidak ada komplikasi masa nifas
No
Intervensi
Rasional
1.

2.


3.






4.
5.
Beritahukan hasil pemeriksaan pada klien
Lakukan observasi TTV, TFU, kontraksi, lochea, bekas Luka jahitan dan kandung kemih
Berikan HE tentang :
      - Fisiologis masa nifas
      - Kebutuhan nutrisi
      - Mobilisasi Dini
      - Cara menyusui yang benar
      - Personal hygiene
      - Tanda-tanda bahaya masa nifas
Berikan terapi    
Follow up
klien tidak khawatir dengan kondisinya dan lebih kooperatif
mengetahui perkembangan keadaan umum klien


klien mengetahui bagaimana keadaan dirinya dan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan dan yang harus dipenuhi



pengobatan pada klien
klien mengetahui kapan harus kembali

                       
VI. IMPLEMENTASI
No.
Tanggal/ jam
Keterangan
TTD
1.
01 - 02 - 2011
09.15
- Memberitahukan hasil pemeriksaan pada klien bahwa kondisinya baik – baik saja.
- Melakukan observasi KU ibu meliputi:
Kesadaran                : Composmentis
KU                                       : Baik
BB / TB                    : 56 kg / 157 cm
TD/ N/ S/ RR           : 110/70 mmHg, 80 x/ menit, 36,5 ˚C, 24 x/ menit
- TFU                       : 2 jari dibawah pusat
- Kontraksi uterus    : baik
- Kandung Kemih    : kosong
3. Memberikan HE tentang :
   Fisiologis masa nifas : rasa mules dan tegang   pada perut adalah hal yang normal sebagai proses kembalinya rahim keukuran semula.
   Kebutuhan nutrisi : menyarankan pada klien untuk makan-makanan yang bergizi dengan porsi banyak dan memperbanyak minum air putih serta menghindari makanan yang pedas.
   Mobilisasi dini : menganjurkan ibu untuk miring kanan atau miring kiri , duduk kemudian berjalan pelan – pelan.
   Cara menyusui yang benar : menyarankan pada klien untuk mengosongkan peyudaranya saat menyusui bayinya dan memasukkan putting susu sampai areola pada mulut bayi.
   Personal hygiene : menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan mengganti pembalut setiap kali basah / penuh dan menjaga luka jahitan agar tetap kering.
   Tanda-tanda bahaya masa nifas : perdarahan luar biasa, berbau busuk, sakit kepala, pandangan mata kabur, nyeri epigastrium, bengkak pada wajah, tangan dan payudara.


4. Memberikan terapi pada ibu
- antibiotik     3 x 500 mg/hari
- antipiretik    3 x 500 mg/hari
- tablet fe       1 x 1 tablet/hari
5. menjelaskan kapan harus kembali untuk kunjungan ulang yaitu tgl : 08 – 02 – 2011 / bila ada keluhan


VII.EVALUASI

Tanggal : 01-02-2011                                                     jam : 09.25 WIB
      S    : Ibu mengatakan sudah mengerti apa yang telah di jelaskan
      O   : Ibu dapat mengulang kembali apa yang telah dijelaskan tentang nutrisi, mobilisasi dan tanda bahaya nifas.
            TD : 110/70 mmHg, nadi : 80 x/ menit, suhu : 36,5 ˚C, respirasi : 24 x/ menit
            KU                           : baik
            TFU                          : 2 jari dibawah pusat
            Lochea                     : rubra
            Kontaksi uterus        : baik
            Konsistensi uterus    : keras
            Kandung kemih       : kosong
            Luka jahitan perineum masih basah, kebersihanya cukup bersih.
      A   : P10001 2 jam Post Partum Fisiologis
      P    : Berikan HE tentang :
                  - Imunisasi
                  - perawatan bayi sehari-hari
                  - Perawatan tali pusat
            - Perencanaan KB
            - Tanda bahaya nifas
            - Senam nifas
            - personal hygiene
Follow up, 1 minggu lagi tanggal 8 February 2011 / bila ada keluhan 

BAB 4
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
      Setelah dilakukan Asuhan Kebidanan pada Ibu Post Partum, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa masa post partum sangat membutuhkan pengawasan dan penanganan secara ketat dan efektif. Karena pada masa post partum hari pertama dapat terjadi perdarahan yang disebabkan oleh Atonia Uteri dan infeksi-infeksi post partum lainnya.

4.2 Saran
v  Bagi Mahasiswa
      Hendaknya mahasiswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta ketrampilan dalam membuat laporan Asuhan Kebidanan, yaitu melalui jalur pendidikan formal atau melalui pelatihan khusus, serta dapat menggali, mengkaji dan meneliti secara cermat tentang masalah yang terjadi pada Ibu nifas.
v  Bagi Institusi Pendidikan
      Agar memperbanyak buku-buku yang berkaitan dengan Asuhan Kebidanan pada ibu nifas, sehingga dapat dijadikan literatur dalam pembuatan laporan Asuhan Kebidanan.

DAFTAR PUSTAKA

Fakultas Kedokteran. Obstetri Fisiologis. Bandung : Unpad
Mochtar, Rustam, Prof, Dr. sinopsis Obstetri Jilid I. Jakarta : EGC
Prawirohardjo, Sarwono. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka
Varney, Hellen. 1997. Pelatihan Manajemen Asuhan Kebidanan. Jakarta

















                                                                                                

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar