WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Jumat, 28 Februari 2014

Kanker Hati, Penyakit Langka Paling Mematikan

Kanker yang dimulai di hati adalah salah satu penyakit paling mematikan bagi manusia. Kanker hati merupakan penyebab kedua kematian yang paling umum akibat kanker di seluruh dunia. Yang unik, kanker ini paling jarang menyerang manusia dibanding jenis kanker lainnya.

Menurut data dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) WHO, yang dikutip oleh laman The Globe and Mail, kanker ini banyak menyerang Asia lewat penyakit Hepatitis B. Mongolia, Laos, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Cina masuk ke dalam daftar 10 negara dengan kematian tinggi akibat kanker hati.

Mongolia, misalnya, memiliki angka kematian kanker tertinggi dari negara mana pun di dunia, dengan 161 kematian per 100.000 orang, dan sebagian besar disebabkan kanker hati.

Menurut artikel di jurnal medis The Lancet edisi April 2011, hepatitis B dan C yang paling umum terjadi di negara pedesaan ini. "Penggunaan alkohol menjadi penyebabnya. Alkohol akan mempercepat sirosis hati, yang berujung pada kanker hati,” tulis The Lancet.

Pada 2012, sekitar setengah dari 782 ribu kasus kanker hati yang baru terjadi di Cina. Namun, angka-angka tersebut diprediksi meningkat pada generasi berikutnya. Oleh sebab itu, Cina kini tengah menggencarkan vaksinasi Hepatitis B yang juga telah menjadi vaksinasi universal di seluruh negara di dunia.

Tidak hanya jumlah kasus kanker hati yang meningkat. Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari, WHO menyatakan kekhawatirannya akan jumlah kasus kanker di seluruh dunia yang terus meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar