WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Selasa, 04 Februari 2014

INFEKSI SALURAN KEMIH. . PENYAKIT APA?

Infeksi saluran kemih adalah salah satu dari penyakit saluran kemih yang harus Anda tanggapi dengan serius. Sakit pinggang cukup hebat muncul secara tiba-tiba, jangan dianggap remeh. Apalagi rasa sakit itu menjalar ke perut bagian depan disertai rasa mual, muntah dan rasa kembung.

Bila anda merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, sebab bisa jadi Anda menderita batu ureter atau batu di saluran kemih. Terlebih bila gejala tersebut disertai pendarahan sewaktu buang air kecil.

“Keluhan seperti itu sering hilang timbul. Tidak selalu ada keluhan saat buang air kecil, kecuali batu ureter tersebut sudah turun mendekati kandung kemih”. Batu yang terdapat di dalam ginjal jarang menimbulkan keluhan tersebut, karena bila batu sudah cukup besar tidak akan bisa turun ke ureter lagi,“ kata Spesialis Bedah Urologi dr. med. S. Halim, SpU dari RS. Mitra Kemayoran Jakarta.

Menurut dr. Halim, “penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit saluran kemih yang paling sering dijumpai di bidang urologi, disusul gangguan pembesaran prostat pada laki-laki usia lanjut.

Pada penderita batu saluran kemih, sering tidak ditemukan gejala apapun, sehingga batu ginjal sering terdeteksi secara kebetulan melalui pemeriksaan USG atau rontgen, bahkan ditemukan ginjal yang sudah tidak berfungsi lagi. Hal itu disebabkan batu ginjal yang cukup besar jarang menimbulkan keluhan, karena batu di dalam ginjal relatif tidak bergerak, ditambah persepsi orang awam bahwa batu dapat dihancurkan dengan ramuan obat.

Batu yang masih kecil dapat masuk ke ureter dan bisa mengakibatkan sakit pinggang yang hebat (kolik) disertai rasa mual.

Sebaliknya, sakit pinggang tidak selalu sebagai tanda adanya batu di saluran kemih. Hanya sebagian kecil penderita batu saluran kemih yang merasakan sakit pada saat buang air kecil.

Infeksi saluran kemih dipengaruhi oleh umur dan jenis kelamin. Angka rasio kejadian infeksi saluran kemih pada anak dilaporkan untuk rasio bayi laki – laki dan perempuan pada awal kehidupan bayi adalah antara 3:1 dan 5:1. Setelah masa bayi, anak perempuan lebih sering mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan laki–laki yaitu dengan rasio L/P 1:4 untuk infeksi yang simtomatis dan 1:25 untuk infeksi yang asimtomatis. Prevalensi pada anak perempuan berkisar 3–5% sedangkan anak laki-laki 1%.

Lebih lanjut, dr. Halim menjelaskan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal, yakni :

-Kelainan metabolisme dalam tubuh terhadap zat-zat tertentu, misalnya kalsium & asam urat.
- Dehidrasi yang mempengaruhi konsentrasi air kemih.
- Kelainan pada ginjal sendiri dengan gangguan aliran air kemih.

>> Infeksi saluran kemih dapat berulang

“Sekitar 65% penderita batu saluran kemih biasanya mendapat residif (terbentuk batu kembali)” tambah dr. Halim.

Batu saluran kemih terdiri dari beberapa macam jenis, yakni batu kalsium oxalat (Oxalat monohydrat dan Oxalat dehydrat), batu kalsium fosfat, batu asam urat, batu magnesium ammonium fosfat (batu infeksi) dan batu cistin. “Dari jenis batu tersebut yang paling sering ditemukan adalah batu kalsium oxalat, disusul batu asam urat sekitar 20%).”

Angka kekambuhan cukup tinggi yaitu pada anak perempuan 30% pada tahun pertama dan 50% dalam 5 tahun kedepan. Sedangkan pada anak laki-laki angka kekambuhan sekitar 15-20% pada tahun pertama dan setelah umur 1 tahun jarang ditemukan kekambuhan.Iinfeksi saluran kemih yang terjadi nosokomial di rumah sakit pernah dilaporkan sebanyak 14,2% per 1000 penderita anak, hal ini terjadi biasanya karena pemakaian kateter urin jangka panjang.

Dewasa wanita rentan terhadap infeksi saluran kemih karena adalah saluran uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) perempuan lebih pendek (sekitar 3-5 cm). Berbeda dengan uretra laki-laki yang panjang, sepanjang penisnya, sehingga kuman sulit masuk.
Pengobatan

Saat tiba-tiba timbul kolik yang hebat, biasanya pengobatan tidak cukup dengan obat penghilang rasa sakit secara oral (diminum).

Untuk meredakan sakit kolik tersebut, injeksi obat penahan sakit sering dibutuhkan. Bila keluhan membaik, akan dilakukan pemeriksaan selanjutnya untuk melihat kemungkinan adanya batu saluran kemih.

Sampai saat ini, jelasnya, satu-satunya cara paling efektif dalam pengobatan batu saluran kemih ialah mengeluarkan batu tersebut.

Pengobatan batu ginjal kini sudah semakin berkembang dan maju dengan hadirnya teknologi canggih yang disebut ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), yaitu menghancurkan batu ginjal dari luar tubuh menggunakan gelombang kejut, sehingga pecahan batu dapat keluar bersama urin. Hampir semua jenis batu ginjal dengan ukuran tertentu bisa diatasi dengan tindakan itu. Untuk batu ureter, selain tindakan ESWL dapat juga dilakukan penembakan dengan alat khusus yang disebut Lithoclast, khususnya untuk batu ureter bagian bawah.

Penembakan batu ginjal (ESWL) termasuk tindakan yang cukup aman, efektif dengan resiko yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan operasi yang harus dilakukan dengan bius total. Untuk batu ukuran besar, disarankan untuk melakukan tindakan operasi.

Pengobatan batu pemicu infeksi saluran kemih dengan tindakan apa yang paling efektif tergantung ukuran dan lokasi batu tersebut. Untuk itu perlu konsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Urologi dan kemungkinan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan tindakan yang paling efektif dengan resiko yang lebih kecil dalam pengobatan batu saluran kemih atau infeksi saluran kemih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar