WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 01 Februari 2014

Cara Alami Obati Sariawan

Bila pernah mengalami yang namanya sariawan tentu Anda sudah mengetahui seperti apa rasanya. Memang sariawan bukanlah penyakit yang serius namun bisa sangat mengganggu aktifitas seseorang.
Seseorang yang sedang sariawan biasanya akan merasa kesakitan di bagian yang mengalami sariawan, seperti perih dan nyeri. Sariawan biasanya akan menyerang area mulut seperti bibir, lidah, dan gusi. Sariawan juga akan mempengaruhi nafsu makan seseorang.

Ditulis Perempuan.com, penyakit yang satu ini diketahui diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin dalam tubuh. Sariawan juga seringkali muncul akibat pengaruh cuaca dan konsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Nah, sariawan biasanya akan sembuh setelah tujuh hingga sepuluh hari.

Sariawan bisa disembuhkan dengan obat maupun jamu-jamuan. Namun, perlu diingat bahwa sariawan sebenarnya adalah penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan cara-cara alami. Sehingga, konsumsi obat sebenarnya tidak diperlukan karena mungkin hanya akan memberikan efek samping yang berbahaya.
Bagi Anda yang tengah mengalami penyakit yang satu ini, namun enggan untuk mengkonsumsi obat-obatan, berikut akan diuraikan tentang beberapa jenis bahan makanan yang dapat mengobati sariawan secara cepat dan alami, diantaranya:

1. Daun kemangi
Tahukah Anda bahwa daun kemangi ternyata dapat mengobati sariawan? Ya, caranya dengan mengunyah sekitar empat hingga lima lembar daun kemangi dan larutkan dengan air minum. Cara ini terbukti ampuh meredam dan mengobati sariawan.

2. Kunyit
Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, kunyit juga berfungsi sebagai obat sariawan. Caranya adalah dengan mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari kunyit yang dicampur dengan satu sendok teh penyegar mulut. Oleskan ramuan tersebut pada area sariawan dan tunggu hingga beberapa menit. Dijamin sariawan akan segera sembuh.

3. Jambu air
Mengobati sariawan dengan jambu air yaitu dimulai dengan menyiapkan kulit batang jambu air yang masih muda. Kemudian, cuci dan tumbuk kulit batang tersebut hingga halus dan tambahkan ½ gelas air matang, kemudian saring. Lalu, gunakan air saringan tersebut untuk berkumur.

4. Air kelapa
Air kepala memang dipercaya banyak orang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah sariawan. Pilihlah kelapa yang masih hijau lalu minum airnya. Gunakan sesekali untuk kumur dan sebagian dapat diminum.

5. Kopi bubuk
Gunakanlah sedikit bubuk kopi lalu oleskan pada bagian yang mengalami sariawan. Diamkan beberapa menit lalu berkumurlah dengan air bersih. Jika dilakukan secara teratur, maka dalam dua hingga tiga hari sariawan akan segera sembuh.

6. Air garam
Gunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur setidaknya tiga kali dalam sehari. Kandungan garam akan berfungsi menarik cairan luka sariawan dan mempercepat proses penyembuhannya. Metode dengan air garam ini adalah yang paling banyak diminati karena tergolong mudah dan praktis.

7. Yogurt
Yogurt merupakan makanan yang berasal dari hasil fermentasi susu. Di dalam yogurt terdapat bakteri baik yang dapat membantu proses metabolisme tubuh. Makanlah yogurt secara rutin maka penyakit sariawan akan segera sembuh dan tidak akan mudah menyerang Anda lagi.

8. Baking soda
Menyembuhkan sariawan bisa dengan campuran air dan baking soda. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur atau melapisi area luka sariawan. Baking soda mampu menyembuhkan sariawan sekaligus membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut.

9. Konsumsi vitamin
Menurut penelitian, sariawan memang seringkali terjadi pada mereka yang kekurangan vitamin, seperti vitamin B dan vitamin C. Sehingga, untuk menyembuhkan penyakit sariawan, Anda bisa mengkonsumsi dua jenis vitamin tersebut. Jangan lupa, tambahkan pula kandungan zat besi dan asam folat dalam tubuh agar kondisi semakin prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar