WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 27 Februari 2014

Olahraga Ringan Saat Hamil

Kehamilan tidak membuat Ibu hamil harus berhenti berolahraga, namun sebaliknya Ibu hamil harus tetap melakukan aktifitas olahraga yang memang aman untuk Ibu hamil. Olahraga dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Olahraga juga bisa membuat Ibu mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan.

Selain membuat sehat, ada beberapa keuntungan yang didapat Ibu setelah berolahraga. Diantaranya Ibu hamil dapat terhindar dari sakit punggung dan ketidaknyamanan lainnya, membantu Ibu agar tidur lebih nyenyak, membuat mood lebih baik, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot.

Berbagai latihan yang dilakukan selama kehamilan juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan kehamilan, juga mengurangi gejala depresi postpartum. Tapi, ada baiknya sebelum Ibu melakukan olahraga Ibu sudah berkonsultasi dengan ahlinya (baik dokter atau trainer). Ibu bisa memulai dengan berjalan yang dianggap aman untuk Ibu hamil selama 30 menit atau lebih.

Lalu kira-kira apa saja olahraga yang aman untuk Ibu hamil? Berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh Ibu hamil :

Berjalan. Salah satu yang terbaik kardiovaskular untuk ibu hamil adalah berjalan. Kegiatan ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja, Ibu tidak memerlukan alat apapun hanya sepasang sepatu yang nyaman untuk Ibu gunakan. Olahraga ini bisa Ibu lakukan sampai usia kandungan 9 bulan.
Renang. Berenang adalah olahraga terbaik dan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh Ibu hamil. Kolam adalah tempat yang terbaik untuk latihan otot tangan dan kaki yang memeberikan manfaat kardiovaskular dan memungkinkan Ibu hamil merasa ringan walaupun sedang mengandung.


Low-impact Aerobics. Latihan low impact aerobic yang dilakukan bersama instruktur ahli boleh dilakukan oleh Ibu hamil, hal ini dapat memperkuat jantung Ibu. Dan, jika Ibu mengambil kelas untuk Ibu hamil, Ibu akan banyak bertemu dengan beberapa Ibu hamil lainnya.
Menari. Menari adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh Ibu hamil yang berguna untuk memompa jantung. Dengan menari Ibu dapat lebih rileks dengan diiringi lagu kesukaan Ibu. Ibu bisa melakukan sendiri di rumah atau mengambil kelas tari.
Yoga. Yoga dapat membantu menjaga kelenturan otot Ibu agar lebih fleksibel.
Stretching. Peregangan otot ini dapat menjaga agar tubuh Ibu lebih lentur dan menjaga otot agar tetap rileks.

Bagi Ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai rutinitas yang tetap aman untuk Ibu hamil. Hal tersebut disarankan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran sang Ibu selama kehamilan, jadi walaupun dalam keadaan mengandung Ibu masih tetap bisa melakukan berbagai aktifitas termasuk olahraga.

1 komentar: